Minggu, 13 Mei 2018

Materi #3 Pengendalian Sosial

   Pengendalian Sosial adalah suatu konfigurasi untuk mencegah penyimpangan sosial serta mengajak dan mengarahkan masyarakat untuk berperilaku dan bersikap sesuai norma dan nilai yang berlaku. Pengendalian sosial secara umum merupakan upaya yang dilakukan oleh pihak tertentu guna mengatur perilaku warga masyarakat. Melalui engendalian sosial, perilaku masyarakat diarahkan agar sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat.

source: http://www.learniseasy.com/wp-content/uploads/2015/09/pengendalian-sosial-lembaga-polisi.jpg


Pengertian Pengendalian Sosial Menurut Para Ahli

Astrid Susanto
Astrid Susanto berpendapat bahwa pengendalian sosial adalah control yang bersifat psikologis dan non fisik terhadap seorang individu agar ia dapat bersikap dan bertindak sesuai dengan penilaian kelompok tempat ia hidup.

Bruce J.Cohen
Pengendalian sosial adalah segala cara atau metode yang digunakan untuk mendorong perilaku seseorang agar selaras (sejalan) dengan kehendak kelompok atau masyarakat luas.

Horton dan Hunt
Pengertian pengendalian sosial menurut Horton dan Hunt adalah segala cara dan proses yang ditempuh oleh orang tua atau kelompok masyarakat tertentu sehingga para anggota kelompoknya bertindak sesuai dengan harapan kelompok masyarakat tersebut.

Joseph S.Roucek
Pengendalian sosial merupakan istilah kolektif yan direncanakan ataupun tidakdirencanakan yang mengacu pada proses untuk mengajari individu menyesuaikan diri dengan nilai di lingkungan tempat tinggal.


Untuk bacaan selengkapnya dapat diakses di sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar